Mata Kuliah : Ilmu
Sosial Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah/Tulisan
MEME, SEBAGAI FENOMENA DI SOSIAL
MEDIA
Kelas : 1-KA23
Tanggal
Penyerahan Makalah : 18 Januari 2016
Tanggal Upload
Makalah : 19 Januari 2016
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila
terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100
untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
12115745
|
FITRI RAMADHANI
|
|
Program Sarjana Ilmu
Komputer &Teknologi Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya
panjatkan kepada Allah SWT karena atas nikmat dan karunianya saya dapat
menyelesaikan tugas makalah yang berjudul tentang Meme, Sebagai Fenomena Di
Sosial Media.
Saya berharap makalah ini dapat berguna dan menambah wawasan kita semua. Saya juga menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat
banyak kekurangan. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang
membangun untuk perbaikan makalah yang
akan mendatang.
Bekasi, 13 Januari 2016
Fitri Ramadhani
DAFTAR ISI
PERNYATAAN.......................................................................................................... ......i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ ii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 1
1.1 LATAR BELAKANG.................................................................................................. 1
1.2 TUJUAN....................................................................................................................... 1
1.3 SASARAN.................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 2
2.1 ANALISIS SWOT........................................................................................................ 2
BAB III PENUTUP............................................................................................................ 3
3.1 KESIMPULAN............................................................................................................ 3
3.2 REKOMENDASI......................................................................................................... 3
3.3 REFERENSI ................................................................................................................ 4
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Seperti yang kita ketahui pada saat ini, banyak sekali
media yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang dimana
pun, salah satunya adalah melalui media sosial seperti path, instagram, twitter
dan lain-lain. Dan yang sering kita temukan adalah meme, meme itu sendiri
adalah berupa komentar atau kritikan terhadap suatu kejadian atau peristiwa
yang sedang booming terjadi berupa gambar atau video yang dikemas menjadi suatu
hiburan.
1.2 Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk
memberikan informasi tentang Meme Sebagai Fenomena di Media Sosial dan
menganilis SWOT.
1.3 Sasaran
1. Masyarakat
Agar menghibur masyarakat
atau pengguna media sosial
2. Pemerintah
Menginformasikan kepada
pemerintah secara tidak langsung
komentar atau kritikan dari suatu kejadian/peristiwa melalui meme
BAB II PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Meme, Sebagai Fenomena di Sosial Media memperhatikan dan mempertimbangkan
kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
1.
Kekuatan (Strength)
a.
Dapat
menghibur pengguna sosial media
b.
Meme
memberikan kritikan atau komentar pada suatu kejadian dengan cara menghibur
c. Merasa puas karena karyanya menjadi
asumsi publik
d.
Dapat
mengurangi stress dari kegiatan rutinitas sehari- hari.
2.
Kelemahan (Weakness)
a. Dapat merugikan pihak lain seperti
menyindir orang
b.
Kebanyakan
meme hanya meniru yang sudah ada yang membuat para pembuat meme menjadi kurang
kreatif
c.
Membuat pembaca
meme menjadi ketagihan dan lupa akan waktu
d.
Terkadang ada
beberapa kata yang kurang sopan yang takut akan dicontoh anak-anak
3.
Peluang (Opportunity)
a. Mengisi waktu luang pembuat meme
b.
Adanya fenomena/kejadian yang menarik
untuk diperbincangkan
c. Dapat menyalurkan kreatifitas
d. Kurangnya pengawasan dari orang tua yang mengakses
meme yang tidak sesuai dengan usianya
4.
Tantangan/Hambatan (Threats)
a. Dapat berpotensi mendapat hukuman
jika melanggar UU yang berkaitan dengan ITE
b. Menimbulkan kesalahpahaman pembaca meme
c. Menurunnya moralitas karena ada beberapa yang
menggunakan meme porno
d. Kurangnya waktu belajar bagi pembaca terutama
kalangan pelajar
BAB III KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan
a)
Pada saat ini
banyak orang yang lebih suka mengutarakan komentarnya melalui meme karena
dianggap sesuatu yang menarik dan menghibur
b) Tidak semua meme mengandung hal yang negatif
c) Tanpa kita sadari banyak terdapat pesan moral yang
disampaikan kepada pembaca dari pembuat meme
d) Meme juga dapat menghilangkan stress dari
aktivitas kita sehari- hari
3.2 Rekomendasi
a) Merasa puas karena karyanya menjadi
asumsi publik karena keberadaannya diakui oleh masyarakat
b) Dapat merugikan pihak lain seperti
menyindir orang. Banyak pembuat meme yang hanya mengambil gambar tanpa meminta
izin yang dapat menimbulkan kesalahpahaman
c)
Adanya fenomena/kejadian yang menarik
untuk diperbincangkan, kebanyakan para pembuat meme mengangkat kejadian yang
sedang booming untuk dibuat meme
d)
Dapat berpotensi mendapat hukuman jika melanggar UU yang berkaitan dengan
ITE, maka dari itu pembuat meme harus berhati- hati agar tidak terjadi
kesalahpahaman yang mengakibatkan konflik
3.3 Referensi
1.
Dawkins, Richard (1989). "11. Memes:the new
replicators". The Selfish
Gene (edisi kedua ed.).
Oxford: Oxford University Press. p. 352. ISBN 0192177737.
2.
Kelly,
Kevin (1994). Out
of control: the new biology of machines, social systems and the economic world. Boston: Addison-Wesley.
p. 360. ISBN 0-201-48340-8.
3.
http://shujinkouron.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-dan-pengertian-meme-internet.html
No comments:
Post a Comment