COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology)
- Pengertian cobit
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah
sekumpulan dokumentasi best practices untuk IT Governance yang dapat membantu auditor,
pengguna (user), dan manajemen, untuk menjembatani gap antara risiko bisnis, kebutuhan
control dan masalah-masalah teknis IT. COBIT merupakan standar yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai FrameWork IT audit karena dikembangkan secara berkelanjutan oleh lembaga swadaya profesional auditor yang tersebar di hampir seluruh negara.
- COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :
- Perencanaan dan organisasi (Planning and Organisation)
- Pengadaan dan implementasi (Acquisition and Implementation)
- Pengantaran dan dukungan (Delivery and Support)
- Pengawasan dan evaluasi (Monitoring)
Domain 1 : Planning and Organisation
• Menetapkan rencana stratejik TI
• Menetapkan hubungan dan organisasi TI
• Mengkomunikasikan arah dan tujuan manajemen
• Mengelola sumberdaya manusia
• Memastikan pemenuhan keperluan pihak eksternal
• Menaksir risiko
Domain 2 : Acquisition and Implementation
• Mengidentifikasi solusi terotomatisasi
• Mendapatkan dan memelihara infrastruktur teknologi
• Mengembangkan dan memelihara prosedur
• Memasang dan mengakui sistem
• Mengelola perubahan
Domain 3 : Delivery and Support
• Menetapkan dan mengelola tingkat pelayanan
• Mengelola pelayanan kepada pihak lain
• Memastikan pelayanan yang kontinyu
• Memastikan keamanan sistem
• Mengelola konfigurasi/susunan
• Mengelola data
• Mengelola fasilitas
Domain 4 : Monitoring
• Memonitor proses – menaksir kecukupan pengendalian internal
• Mendapatkan kepastian yang independen
Domain ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.
Langkah-langkah:• Menetapkan rencana stratejik TI
• Menetapkan hubungan dan organisasi TI
• Mengkomunikasikan arah dan tujuan manajemen
• Mengelola sumberdaya manusia
• Memastikan pemenuhan keperluan pihak eksternal
• Menaksir risiko
Domain 2 : Acquisition and Implementation
Untuk mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
Langkah-langkah :• Mengidentifikasi solusi terotomatisasi
• Mendapatkan dan memelihara infrastruktur teknologi
• Mengembangkan dan memelihara prosedur
• Memasang dan mengakui sistem
• Mengelola perubahan
Domain 3 : Delivery and Support
Domain ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan training.
Langkah-langkah :• Menetapkan dan mengelola tingkat pelayanan
• Mengelola pelayanan kepada pihak lain
• Memastikan pelayanan yang kontinyu
• Memastikan keamanan sistem
• Mengelola konfigurasi/susunan
• Mengelola data
• Mengelola fasilitas
Domain 4 : Monitoring
Semua proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.
Langkah-langkah:• Memonitor proses – menaksir kecukupan pengendalian internal
• Mendapatkan kepastian yang independen
- Kerangka Kerja COBIT
- Control Objectives
2. Audit Guidelines
Berisi sebanyak 318 tujuan-tujuan pengendalian yang bersifat rinci (detailed control objectives) untuk membantu para auditor dalam memberikan management assurance dan/atau saran perbaikan.
3. Management Guidelines
Berisi arahan, baik secara umum maupun spesifik, mengenai apa saja yang mesti dilakukan, terutama agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
- Sejauh mana TI harus bergerak atau digunakan, dan apakah biaya TI yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang dihasilkannya.
- Apa saja indikator untuk suatu kinerja yang bagus.
- Apa saja faktor atau kondisi yang harus diciptakan agar dapat mencapai sukses ( critical success factors ).
- Apa saja risiko-risiko yang timbul, apabila kita tidak mencapai sasaran yang ditentukan.
- Bagaimana dengan perusahaan lainnya, apa yang mereka lakukan.
- Bagaimana mengukur keberhasilan dan bagaimana pula membandingkannya.
referensi:
http://astrihardi.blogspot.co.id/2014/06/makalah-cobit.html
https://haendra.wordpress.com/2012/06/08/pengertian-cobit/
https://hepiprayudi.files.wordpress.com/2012/06/pengertian-cobit.pdf
No comments:
Post a Comment